Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 12 Oktober 2015

Permainan Sepak Bola

A.  Pengertian Sepak Bola

Image result for materi permainan sepak bola     Pengertian sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan sebagian pemain cadangan dengan tujuan mencetak gol sebanyaknya ke gawang lawan masing-masing.
     Pada awalnya sepak bola adalah sebuah permainan rakyat, tanpa aturan dan peraturan khusus, yang kemudian banyak berakhir dengan tindak kekerasan dan pelanggaran. Hingga kemudian dibentuklah FIFA, federasi sepak bola internasional yang menentukan aturan dalam setiap pertandingannya. Federasi yang kini dipimpin Joseph S. Blatter inilah yang menentukan aturan (laws of the game) dalam pertandingan sepak bola, serta membuat statuta untuk dijalankan oleh asosiasi-asosiasi sepak bola di masing-masing negara anggotanya. 

 

      B.    Sejarah Permainan Sepak Bola

     Sejarah sepak bola dimulai sejak abad ke-2 - 3 SM di Cina. Di masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil dan disebut dengan tsu chu. Permainan ini bertujuan untuk melatih fisik tentara dan saat kaisar ulang tahun. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Pada abad ke-2 SM, Orang Mesir Kuno dan Timur Tengah memainkan sepak bola sebagai bagian dari ritual keagamaan. Hanya sedikit dokumen yang mendukung hipotesis ini.
     Pada abad pertama hingga kelima Masehi, Bangsa Romawi mulai menyebarkan permainan ini yang mereka sebut sebagai haspartum. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.
     Legenda sepak bola adalah Edson Arantes do Nascimento atau dikenal dengan nama Pele. Lahir pada tanggal 23 Oktober 1940 di kota Tres Coracoes Brazil. Klub sepak bola profesional yang pertama adalah Santos FC. Ia terpilih dalam tim dunia Brazil. Pada tahun 1958, Brazil memenangkan piala dunia mengalahkan tuan rumah Swedia dengan skor 5-2. Pele mengundurkan diri dari tim nasional Brazil pada tahun 1970. Selama karirnya 22 tahun dengan 1282 gol.


Klik dibawah ini untuk melihat :

1 komentar:

  1. autominilab.com - https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.bintannews.com/2020/09/materi-memahami-klasifikasi-engine.html%3Fm%3D1&ved=2ahUKEwiJnN2jjePzAhXjjeYKHTFtAr0QFnoECDgQAQ&usg=AOvVaw1RTVoVm8lZhmxHkKhSPhL4

    BalasHapus